Sunday, July 16, 2017

SISTEM INFORMASI BENGKEL MOBIL

Sistem manual kadang menjengkelkan, kalaupun dilakukan berulang-ulang begitu membosankan. Tumpukan kertas yang tidak bisa dihindarkan seakan pekerjaan tidak ada selesainya. Perlu sekali penggantian sistem manual menjadi sistem komputerisasi.
Dari pendataan pelanggan sampai pelaporan pendapatan semuanya terintegrasi. Sistem bengkel berikut ini sangat cocok untuk para pimpinan yang memerlukan informasi yang tepat waktu, akurat dan lengkap.
Kegiatan bengkel yang meliputi data pelanggan, penjualan barang, jasa, suku cadang, diagnosa kendaraan, serah terima kendaraan, manajemen user, history perbaikan oleh mekanik, pengecekan stok barang, pembuatan SPK masuk dan keluar, laporan pendapatan untuk pimpinan.

Tabel berikut menjelaskan Karakteristik Pemakai sistem bengkel :

KATEGORI USERTUGASHAK AKSES
PimpinanMembuat keputusan, memantau jalannya perusahaan.Dapat mengakses semua link
KasirMembuat SPK, melakukan transaksi penerimaan pembayaran langsung terhadap pelanggan.Dapat mengakses data pelanggan, data SPK dan dapat melihat data yang berhubungan dengan SPK
MekanikMemasukkan data barang dan data service yang digunakan pada saat melakukan perbaikan kendaraan.Dapat melihat data yang berhubungan dengan SPK
GudangMelayani mekanik pada permintaan barang dan mengkontrol keadaan stok barangDapat mengakses data minta barang dan dapat melihat data yang berhubungan dengan data minta barang

Sistem bengkel ini merupakan suatu aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan bengkel mobil dalam mengelola proses yang berjalan. Aplikasi ini merupakan aplikasi web base dengan database MySQL dengan PHP pemrograman, sehingga mudah bagi siapa yang ingin melakukan kustom atau penambahan sesuai kebutuhan bengkel mobil. Dilengkapi juga dokumentasi lengkap.

Tampilan Login Aplikasi


Tampilan Pengguna Administrator


email : berlianindoweb at gmail dot com

No comments:

Post a Comment